Analisis Sistem Kerja Aplikasi Transportasi Online dalam Peningkatan Kinerja Driver

  • Mahmud Yunus Universitas PGRI Semarang
  • Etty Soesilowati Universitas Negeri Semarang
  • Dewi Liesnoor Setyowati Universitas Negeri Semarang
  • Thriwaty Arsal Universitas Negeri Semarang
Keywords: Aplikasi, Transportasi Online, Kinerja Drive, Gojek, Grab

Abstract

Sistem aplikasi driver transportasi online mengatur pemberian order pekerjaan kepada mitra driver berdasarkan kinerja driver. Terdapat tiga klasifikasi jenis akun aplikasi driver yaitu akun prioritas, akun normal dan akun yang tidak diperioritaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis cara kerja sistem aplikasi transportasi online dan dampaknya terhadap kinerja driver transportasi online. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Informan dari penelitian ini adalah 30 driver di Kota Semarang yang terdiri dari driver Gojek dan driver Grab. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukan terdapat dampak yang besar dari cara kerja sistem aplikasi terhadap peningkatan kinerja driver dalam bekerja. Pembagian akun prioritas, akun normal dan akun tidak prioritas memberikan dampak pada cara kerja driver. Pemilik akun yang tidak diprioritaskan berusaha meningkatkan status akunya menjadi akun normal bahkan naik level menjadi akun prioritas dengan meningkatkan kinerjanya. Pemilik akun normal berusaha meningkatkan kinerjanya agar bisa naik level menjadi akun prioritas. Pemilik akun prioritas akan tetap mempertahankan kinerjanya agar tidak turun level ke akun normal bahkan turun level ke akunyang tidak diprioritaskan.

Published
2020-01-15