Pendidikan Karakter pada Anak Melalui Kegiatan Assembly

  • Marini Marini Universitas Ivet Semarang
  • Masrukhi Masrukhi Universitas Negeri Semarang
  • Agus Hermanto Universitas Negeri Semarang
  • Agus Wahyudin Universitas Negeri Semarang
Keywords: Pendidikan, Karakter, Assembly, Anak

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana pendidikan karakter pada anak melalui kegiatan assembly. Artikel ini merupakan hasil kajian dari berbagai referensi. Hasil kajian menunjukkan bahwa kegiatan assembly merupakan kegiatan rutin bersama antara sekolah dan keluarga. Dalam kegiatan ini anak-anak menunjukkan bakat dan prestasi di hadapan teman, guru, kepala sekolah dan orang tua. Guru dan kepala sekolah memberi motivasi pada orang tua dan anak. Beberapa anak yang secara bergilir menjadi leader, tampil untuk memberikan penghargaan kepada salah satu temannya. Kegiatan ini mendukung terbentuknya karakter berani, percaya diri, saling menghargai, disiplin, sportif, sabar, jujur, dan bertanggungjawab, serta karakter lain yang disisipkan dalam tema. Berdasarkan kajian tersebut disimpulkan bahwa kegiatan assembly merupakan strategi yang tepat dan menyenangkan dalam pendidikan karakter anak. Hal tersebut karena kegiatan assembly memberi contoh nyata, dilakukan melalui praktek langsung secara rutin, serta melibatkan keluarga sebagai lingkungan terdekat anak.

Published
2020-01-12