Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasrkan Selft Esteem Siswa dalam Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) Dengan Positive Feedback

  • Meli Andriyani Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Kartono Kartono Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Walid Walid Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-esteem, Pembelajaran CORE, Positive Feedback

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan matematis mendasar dan perlu dimiliki oleh siswa. Selain aspek kognitif untuk dikembangkan aspek afektif perlu dikembangkan salah satunya Selft-esteem. Self-esteem adalah penilaian seorang individu tentang kemampuan, keberhasilan, kemanfaatan dan kebaikan dirinya sendiri. Salah satu model pembelajaran dapat menjadi solusi pada proses belajar adalah Connecting, Organizing, Refleting, Extending (CORE). Model Pembelajaran CORE adalah model pembelajaran yang mengharapkan siswa dapat mengkomunikasikan pengetahuannya sendiri dengan cara menghubungkan (Connecting) dan mengorganisasikan (Organizing) pengetahuan baru dengan pengetahuan lama kemudian memikirkan kembali konsep yang sedang dipelajari (Reflecting) serta diharapkan siswa dapat memperluas pengetahuan mereka selama proses belajar mengajar berlangsung (Extending). Hal penting yang sering diabaikan saat proses pembelajaran di kelas adalah pemberian umpanp balik (feedback) terhadap pemahaman siswa. Pemberian feedback diperlukan untuk memberikan motivasi dan semangat kepada siswa dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Salah satu jenis feedback yang berupa isyarat atau gejala ditunjukkan oleh komunikasi menandakan bahwa mereka memahami, membantu dan mau bekerja sama dengan komunikator untuk mencapai sasaran serta tidak menunjukkan perlawanan atau pertentangan ketika terjadi sebuah proses komunikasi adalah positive feedback. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Selft Esteem Siswa dalam Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) dengan Positive Feedback.

Published
2020-01-12