Peranan Guru dan dalam Pembelajaran Berkarakter di Era Revolusi Industri 4.0

Authors

  • Izhar Izhar Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

Karakter dan Peranan Guru

Abstract

Pendidikan, spesifiknya pembelajaran berkarakter bukanlah topik baru dalam dunia pendidikan. Sejak beberapa tahun lalu fenomena karakter sudah dimunculkan di kurikulum pendidikan dan di implementasikan di sekolah-sekolah di Indonesia. Sejak awal, pendidikan karakter dimunculkan untuk mengatasi krisis moral pada masyarakat. Krisis moral yang ditandai dengan meningkatnya kejahatan, kekerasan, pencurian, penyalahgunaan narkoba, korupsi dan lain-lain. Kini, di era Revolusi Industri 4.0 pendidikan karakter dinilai difokuskan pada kearifan menggunakan teknologi. Indikator karakter menurut Kemendiknas pada tahun 2011, meliputi: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab (Hamid & Sudira, 2013). Maka, penting bagi pendidik untuk terus menggeliatkan pembelajaran berkarakter sehingga terbentuk pola karakter dari individu pembelajar. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji peranan guru dalam pembelajaran berkarakter. Metode yang digunakan dalam kajian ini ialah metode observasi dokumen dan kegiatan pembelajaran. Hasil kajian menunjukkan bahwa selain sebagai pengajar, guru memiliki peranan sebagai model dan teladan, pendidik, fasilitator, motivator, pembimbing, evaluator, dan inovator dalam membentuk sejumlah karakter siswa.

Downloads

Published

2020-01-12

Issue

Section

Articles