Kemampuan Literasi dalam Menyelesaikan Soal Ujian Nasional Berbasis Komputer yang Mempunyai Daya Serap Rendah Siswa Kelas XII

  • Mufaridah Dinar Nirmala Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Isnarto Isnarto Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Mulyono Mulyono Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Kemampuan Literasi Matematika, Daya Serap Materi Rendah, Ujian Nasional Berbasis Komputer

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa kelas XII dalam menyelesaikan soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2019 yang memiliki daya serap rendah. Penelitian ini bersifat kualitatif yaitu penelitian tentang riset dengan menganalisa suatu permasalahan dengan subyek penelitiannya adalah siswa kelas XII SMA Bustanul Ulum NU Bumiayu tahun ajaran 2019/2020 jurusan IPA sejumlah 63 siswa. Indikator domain proses literasi matematika: (1) merumuskan situasi matematis (formulate), (2) menggunakan konsep matematika,prosedur, fakta, dan penalaran (employ), (3) menafsirkan, menerapkan, dan mengevalusi hasil dari suatu proses matematika (interpret). Teknik pengambilan data dengan dokumentasi nilai pasca evaluasi Penilaian Tengah Semester (PTS). Analisis data diperoleh dari wawancara dan tes yang diambil dari soal-soal Ujian Nasional Berbasis Komputer tahun 2019 yang memiliki daya serap rendah. Ruang lingkup materi yang diujikan meliputi aljabar, kalkulus, geometri, trigonometri dan statistika. Dari hasil penelitian didapatkan data bahwa hanya 26,98% siswa yang mampu mengevaluasi solusi dari soal yang diberikan dan 19,04% dari jumlah siswa yang mampu merumuskan situasi matematis yang terdapat dalam soal.

Published
2020-01-12