Hubungan Minat Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Muatan Pembelajaran IPS

  • Isa Ansori Universitas Negeri Semarang
  • Hidayatul Fithri Universitas Negeri Semarang

Abstract

Berdasarkan temuan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Gringsing Batang yang kurang optimal disebabkan oleh faktor minat belajar dan disiplin belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji ada tidaknya hhubungan yang signifikan antara minat belajar dan disiplin belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara kecamatan Gringsing Batang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasi. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh sebanyak 122 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan prestasi belajar IPS, nilai rhitung = 0,665 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 44,3% terhadap prestasi belajar siswa; (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dan prestasi belajar IPS, nilai rhitung = 0,720 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 51,8% terhaddap hasil belajar siswa; (3) ada hubungan yang positif dan sifgnifikan antara minat belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar IPS, nilai rhitung = 0,757 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 57,3% terhadap hhasil belajar siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan disiplin belajar dengan prestasi belajar muatan pembelajaran IPS.

Published
2020-01-14