Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Treffinger Berdasarkan Self Efficacy

  • Hendra Yulianto Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Semarang-50237, Indonesia
  • Siti Suprihatiningsih
Keywords: Self efficiacy, komunikasi matematis, pembelajaran treffinger.

Abstract

Komunikasi merupakan salah satu kompetensi penting yang harus dikembangkan pada setiap topik matematika, karena komunikasi matematis dapat membantu siswa dalam membangun pengetahuan matematika. Namun, permasalahan yang sering terjadi adalah kemampuan komunikasi matematis siswa yang masih kurang, sehingga perlu ditinjau lebih lanjut berdasarkan self efficacy. Hal ini dikarenakan self efficacy dapat menjadikan kemampuan komunikasi matematis siswa lebih efektif. Self efficacy adalah konsep diri terkait kepercayaan individu pada kemampuannya untuk melakukan atau menyelesaikan suatu tugas atau masalah. Kemudian, supaya diperoleh kemampuan komunikasi matematis yang efektif, maka dilakukanlah pembelajaran treffinger. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi mengenai kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan self efficacy dengan menggunakan pembelajaran treffinger.