Analisis Kemampuan Literasi Matematika Pisa Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Melalui Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan LMS

  • Miranda Novitasari
  • Kartono Kartono
  • Wardono Wardono

Abstract

Kemampuan literasi matematika masih dinilai rendah dalam penerapannya di pembelajaran
matematika. mampuan literasi matematika masih diniliai rendah dalam penerapan di dalam
pembelajaran matematika. Belum terbiasanya siswa dalam menyelesaikan masalah dalam kehidupan
nyata selain itu kurangnya pengembangan kreatifitas peserta didik dalam mengaplikasikan
matematika ke dalam berbagai konteks. Siswa hanya bergantung kepada guru dan hanya mengikuti
yang diajarkan tanpa memahami secara mendalam. Untuk mencapai keberhasilan pembelajaran
sesuai dengan kurikulum 2013 peneliti ingin meningkatkan kemampuan literasi matematika dengan
menggunakan model Treffinger dimana model ini merupakan model yang mengembangkan
kreatifitas siswa dan untuk mengurangi ketergantungan terhadap guru, siswa dapat belajar mandiri
dengan memanfaatkan learning management system. Learning Management System merupakan
suatu aplikasi software yang dapat menghubungkan siswa dengan guru untuk berdiskusi atau yang
lainnya secara online. Learning Management System dalam penelitian ini yang di pilih yaitu
Schoology dan Edmodo. Schoology dan Edmodo di lengkapi dengan berbagai fitur yang dapat
menunjang berjalannya pembelajaran dengan baik.

Published
2021-02-10