Potensi Komik Matematika untuk Mengembangkan Literasi Matematika

Authors

  • Ani Harmini
  • Mohammad Asikin
  • Amin Suyitno

Abstract

Tantangan terbesar dunia pendidikan di Indonesia pada abad ke-21 ini adalah membentuk generasi
muda (siswa) agar selalu memiliki kesiapan, keterampilan, berfikir logis dan kritis dalam menghadapi
segala kompetisi dan tantang hidup di masyarakat global. Kemampuan matematika memiliki
kekuatan untuk menghadapi tantangan pada abad ke-21. Salah satu kemampuan matematika yang
perlu untuk diperhatikan dan sangat penting untuk dijadikan syarat sukses dalam menghadapi
kehidupan di era abad ke-21 adalah literasi matematika. Hasil PISA siswa Indonesia pada tahun 2000
sampai 2018 menunjukkan skor rerata yang rendah sehingga menandakan rendahnya kemampuan
literasi matematika. Untuk mengatasi rendahnya kemampuan literasi matematika diperlukan
kreatifitas akan penggunaan media sebagai alat perantara pembelajaran. Pada masa pandemic
COVID-19 untuk mendapatkan pembelajaran yang menarik, efektif, dan kreatif serta dapat
diaplikasikan pada pembelajaran secara daring atau luring sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah,
yakni dengan penggunaan komik matematika. Berdasarkan hasil beberapa survey dan penelitian,
komik matematika berpotensi memberikan dampak positif terhadap meningkatkan kemampuan
literasi matematika siswa.

Downloads

Published

2021-02-12

Issue

Section

Articles