Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar

  • Aninda Mawar Intanuari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kendala proses pembelajaran daring sebagai akibat
dari pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi
kasus, untuk memperoleh informasi mengenai kendala dan konsekuensi pandemi COVID-19 pada
kegiatan pengajaran sekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah 25 orang guru dan orang tua siswa
dari dua SD di Gugus Dewi Sartika, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Mengembangkan
wawancara semi-terstruktur berdasarkan literatur yang relevan dan menggunakannya untuk
mengumpulkan informasi mendalam dari para narasumber. Hasil penelitian ini mengungkap
beberapa tantangan dan kendala yang dihadapi siswa, guru dan orang tua dalam pembelajaran daring.
Tantangan yang terkait dengan siswa adalah: komunikasi dan keterampilan sosial yang terbatas di
antara siswa, dan tantangan yang lebih besar bagi siswa berkebutuhan pendidikan khusus. Para orang
tua menemukan bahwa lebih banyak masalah terkait dengan kurangnya kedisiplinan di rumah dan
lebih banyak waktu yang dihabiskan untuk membantu anak-anak belajar di rumah, terutama untuk
anak-anak yang kelas rendah, kurangnya keterampilan dalam teknologi dan biaya internet yang lebih
tinggi. Guru memiliki lebih banyak tantangan, termasuk dalam pemilihan metode pengajaran yang
tepat, kurangnya keterampilan teknologi yang menghambat potensi pembelajaran daring, komunikasi
yang memakan waktu dengan orang tua, dan tagihan internet yang lebih tinggi.

Published
2021-02-12