Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Masa Pandemi Covid-19

  • Helmi Yanti
  • Zaenuri Zaenuri
  • Walid Walid

Abstract

Pandemi covid-19 sedang marak-maraknya di dunia saat ini. Banyaknya negara yang memutuskan
menutup sekolah, perguruan tinggi dan universitas. Begitu pula di indonesia banyak yang
memutuskan menutup sekolah dan perguruan tinggi guna untuk memutus tali rantai penyebaran
covid-19, salah satu sekolah di Indonesia khususnya di Kabupaten Kampar, Riau yang memutuskan
untuk menutup sekolah dan melakukan pembelajaran dengan cara daring/jarak jauh adalah MTs
Negeri 3 Kampar, aplikasi yang digunakan adalah whatsapp group, dengan menggunakan aplikasi
ini di harapkan siswa untuk bisa belajar secara aktif dan mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran matematika di masa pandemi covid19. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner yang diberikan kepada 6
orang siswa secara online. Hasil penelitian menunjukkan untuk indikator mempunyai inisiatif dan
motivasi belajar dan indikator konsep diri/kemampuan diri sebesar 76% di kategorikan baik,
sedangkan untuk indikator memandang kesulitan terhadap tantangan, indikator memilih menerapkan
strategi belajar, indikator memahami, menyusun dan mengontrol waktu belajar, indikator
memanfaatkan dan mencari sumber yang relevan sebesar 57% di kategorikan masih rendah

Published
2021-02-16