Manajemen Proses Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Pasca Pandemi Covid-19

  • Himmah Taulany

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen proses pembelajaran Pendidikan Anak Usia
Dini (PAUD) pasca pandemi Covid-19 di Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah Indonesia.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan pada
lembaga-lembaga PAUD yang mewakili jalur formal dan nonformal. Pedoman wawancara
mendalam dan studi dokumentasi digunakan sebagai instrumen dalam penelitian ini. Pendekatan
yang digunakan dalam menganalisis manajemen proses pembelajaran pasca Covid-19 adalah empat
fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan /
pengendalian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat fungsi manajemen proses pembelajaran
dapat terlaksana walaupun dengan beberapa hambatan pada lembaga PAUD formal maupun
nonformal. Terdapat perbedaan proses pembelajaran pada saat pandemi dan pasca pandemi Covid19 yaitu digunakannya metode blended learning dengan memadukan pembelajaran daring dan luring
(home visit). Penerapan protokol kesehatan juga menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari
pembelajaran yang dilakukan oleh lembaga PAUD. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah
analisis manajemen pada Standar PAUD lainnya untuk memberikan gambaran komprehensif tentang
dampak Covid-19 terhadap Pendidikan Anak Usia Dini dan menjadi masukan bagi pemangku
kebijakan untuk menetapkan kebijakan pendidikan di masa pasca pandemi Covid-19 (new normal).

Published
2021-02-16