Pendidikan Berbasis Ekopedagogik Dalam Pembelajaran IPS Di Era New Normal

  • Durrotun Nafisah
  • Dewi Liesnoor Setyowati
  • Eva Banowati
  • Agustinus Sugeng Priyanto

Abstract

Perkembangan IPTEK memiliki dampak tersendiri bagi ruang kehidupan manusia, salah satunya
digunakan untuk mengeksploitasi sumber daya alam. Hal tersebut menunjukkan kurangnya
kesadaran manusia dalam menjaga keselarasan dan keserasian alam. Tujuan pembelajaran IPS
diantaranya untuk meningkatkan kepekaan siswa terhadap permasalahan social yang ada di
lingkungan sekitar, terampil dalam menyelesaikan permasalahan social, dan memiliki mental yang
positif dalam menghadapi kesenjangan social. Pembelajaran di era new normal membuat para
pendidik untuk melakukan pembelajaran secara online. Sehingga pendidikan mengalami
perkembangan yang cepat diantaranya penggunaan media dan metode pembelajaran berbasis digital.
Diantara media digital yang digunakan dalam penerapan pendidikan ekopedagogik dalam
pembelajaran IPS di era new normal adalah media pembelajaran barcode. Peserta didik memiliki
motivasi dalam mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) tentang materi kerusakan lingkungan.
Karena dikemas dalam bentuk digital sesuai dengan karakteristik generasi sekarang yaitu mahir
dalam mengoperasikan perangkat digital. Sehingga pembelajaran berbasis ekopedagogik di era new
normal mampu menumbuhkan kesadaran peserta didik dalam menjaga keseimbangan alam.

Published
2021-02-16