Analisis Faktor Pendukung Hasil Pembelajaran Daring pada Anak Berkebutuhan Khusus

  • Elok Mutiara Rakhmawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung apa saja yang berpengaruh terhadap
hasil pembelajaran anak berkebutuhan khusus (ABK). Penelitian dilakukan di sebuah SD inklusi di
Semarang, yaitu SD Suryo Bimo Kresna. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini
adalah korelasi product moment yang dirumuskan oleh Pearson. Adapun faktor pendukung yang
dianalisis dalam penelitian ini adalah faktor umur, gender, perhatian orang tua, les privat, dan jenis
ABK. Hasil yang ditemukan dari penelitian ini ialah secara umum, variabel yang berpengaruh
terhadap hasil pembelajaran daring pada ABK di SD Suryo Bimo Kresno adalah umur, gender,
perhatian orang tua dan les privat. Jika dilakukan agregasi data berdasarkan jenis ABK, hasil yang
didapat adalah anak dengan kategori ABK slow learner, variabel yang berpengaruh adalah umur dan
gender, sedangkan untuk ABK kategori autis dan salah pola asuh orang tua, semua faktor terkecuali
jenis ABK berpengaruh penting pada hasil pembelajaran daring. Adapun untuk down syndrome dan
keterbelakangan mental, tidak dapat ditentukan faktor yang mempengaruhi hasil pembelajaran daring
dikarenakan tidak adanya responden yang cukup, dimana terdapat hanya 1 anak untuk down
syndrome dan 2 anak pada keterbelakangan mental.

Published
2021-02-16