Strategi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19

  • Yuli Atriyanti
Keywords: Strategi, penguatan pendidikan karakter,pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi sekolah dalam penguatan pendidikan karakter
peserta didik pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, peserta didik dan orang tua. Lokasi dari
penelitian ini adalah di SMK PGRI 1 Salatiga. Hasil temuan penelitian ini bahwa strategi sekolah
dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik pada masa pandemi Covid-19 yaitu (1)
optimalisasi kerjasama sekolah dengan orang tua, (2) penanaman nilai-nilai karakter pada setiap
aktivitas pembelajaran, (3) adanya layanan konseling jarak jauh, dan (4) pembinaan karakter peserta
didik oleh kesiswaan. Pada dasarnya nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam penguatan
pendidikan karakter peserta didik pada masa pandemi Covid-19 bertumpu pada lima nilai karakter
utama pendidikan karakter yaitu religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong. Hasil
penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan sekolah dalam mengambil kebijakan serta dalam
melakukan penguatan pendidikan karakter peserta didik pada masa pandemi Covid-19.

Published
2021-02-16