Pendidikan Indigenous Entrepreneurship Berbasis E-Commerce Sebagai Modal Sosial Dalam Membangun Life Skill Kebencanaan Pandemi

  • Ika Oktavianti
  • Eva Banowati
  • Hamdan Tri Atmaja
  • Thriwaty Arsa
Keywords: Indigenous Entrepreneurship, E-Commerce, Modal Sosial, Life Skill, Kebencanaan Pandemi

Abstract

Keputusan pemerintah untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19 dengan jalan membangkitkan
dan memperkuat UMKM menjadi pilihan tepat sebab UMKM dapat bertahan dari badai krisis
ekonomi dan moneter serta menjadi katup pemulihan perekonomian bangsa, Untuk mendukung
kebijakan ini, maka pendidikan sebagai sarana pemberdayaan masyarakat dalam menghadapi masa
depan perlu mendukung kebijakan tersebut dengan membekali peserta didik dengan pendididikan
indigenous entrepreneurship berbasis e-commerce yang menjadi modal sosial dalam membangun life
skill kebencanaan pandemi. Kewirausahaan yang mengintegrasikan potensi lokal dan e-commerce
pada situasi pandemi Covid-19 perlu diaktualisasikan sebab beberapa penelitian menunjukkan bahwa
ketahanan kewirausahan berdasar potensi lokal dapat menjaga tingkat kestabilan ekonomi, serta
strategi pemasaran digital berimplikasi pada keunggulan bersaing. Untuk mengimplementasikan
pendidikan indigenous entrepreneurship berbasis e-commerce yang menjadi modal sosial dalam
membangun life skill kebencanaan pandemi perlu memperhatikan kerjasama sekolah, UMKM dan
Pemerintah daerah, mengoptimalkan potensi keunggulan lokal, pendekatan konstruktivis sosial,
model pelatihan kecakapan hidup berbasis keunggulan lokal, framework pendidikan kewirausahaan,
dan kewirausahaan berbasis e-commerce.

Published
2021-02-16