Pembelajaran Daring dan Kajian Dampak Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Kecamatan Muncar

  • Annisa Etika Arum
  • Endang Susilaningsih
Keywords: Pembelajaran Daring, Dampak Positif dan Negatif, Covid-19

Abstract

Pandemi Covid-19 di Indonesia membawa perubahan yang sangat signifikan, khususnya dalam
dunia pendidikan. Pada kondisi seperti saat ini, kegiatan pembelajaran mengalami dampak yang
sangat besar, bahkan harus mengganti proses pembelajaran yang seharusnya dilaksanakan
disekolah, namun saat ini harus dilakukan dirumah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan
proses pembelajaran daring dan kajian dampak pandemi covid-19. Metode yang digunakan pada
penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara
tidak struktur dan studi pustaka. Subjek penelitian berjumlah 3 responden, yaitu 1 guru kelas, 1
orang tua siswa, 1 siswa. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran daring di salah satu SD
Kecamatan Muncar sudah berjalan dengan memanfaatkan aplikasi whatsapp, google classroom dan
zoom. Dampak positif adanya pandemi Covid-19, mengajak guru, siswa, dan orang tua mengenal
teknologi. Namun, lebih banyak dampak negatif yang dirasakan, yaitu guru di harapkan dapat
mencapai target kompetensi melalui pembelajaran daring ini, namun nyatanya untuk mencapai
target tersebut masih banyak kendala, seperti kurangnya peserta didik dalam memberikan umpan
balik secara cepat, peserta didik kurang dalam memahami materi yang diberikan, kurangnya alat
komunikasi membuat peserta didik tidak dapat mengumpulkan tugas secara tepat waktu, penjelasan
guru tidak jelas ketika signal buruk sehingga materi yang disampaikan tidak diterima dengan baik.

Published
2021-02-16