Kolaborasi Model Pembelajaran Pair Check dengan Make a Match Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Konsep Fluida Kelas X TKJ 1 SMK PGRI Karangampel

  • Sukirman Sukirman
  • Azizah Mutiarani
  • Ani Rusilowati
Keywords: Pair check, make a match, SMK PGRI Karangampel

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dengan model
pembelajaran kooperatif tipe pair check dan make a match. Penelitian ini dilakukan 2 siklus, pada
siklus 1 terdapat 2 pertemuan membahas materi Hukum Pascal dan siklus 2 terdapat 2 pertemuan
membahas Konsep Hukum Archimedes. Subyek pada penelitian ini X TKJ 1 SMK PGRI
Karangampel semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Dengan jumlah subjek sebanyak 31 siswa.
Pada Siklus 1 dan Siklus 2 terjadi peningkatan hasil nilai Penilaian Harian. Pada siklus 2 prosentase
ketuntasan hasil belajar klasikal meningkat menjadi 93% dari semula hanya 74% dan prosentase ini
sudah melampaui kriteria ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran
kooperatif tipe pair check dengan make a match dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa
kelas X TKJ 1 SMK PGRI Karangampel semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020.

Published
2021-02-16