Peran Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Kolintang sebagai Penguatan Pendidikan Multikultural di Sekolah

  • Juwitantik Puspitaratna
Keywords: Motivasi, pembelajaran kolintang, pendidikan multikultural

Abstract

Pembelajaran kolintang merupakan salah satu pembelajaran seni budaya di SMA Negeri 1 Tegal.
Pembelajaran kolintang ini merupakan satu-satunya yang terdapat di sekolah Kota Tegal. Alat musik kolintang
berasal dari Sulawesi Utara. Kendala dalam pembelajaran kolintang yaitu keterbatasan alat musik kolintang
yang hanya satu set, namun siswa tetap antusias dalam pembelajaran. Adanya motivasi dalam pembelajaran
kolintang ini memberikan penguatan pada pendidikan multikultural di sekolah. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif yang digunakan untuk mendapatkan data deskriptif mengenai motivasi siswa dalam
pembelajaran kolintang Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi intrinsik dan ekstrinsik siswa mempengaruhi
hasil belajar siswa. Motivasi menjadi penguatan pada pendidikan multikultural di sekolah.

Published
2021-02-16