Tantangan Dan Peluang Proses Pembelajaran Biologi Di SMA Negeri 1 Polanharjo Klaten Dalam Masa Dan Pasca Pandemic Covid-19

  • Miranti Wisacita
Keywords: Tantangan, peluang, covid-19, pembelajaran Biologi

Abstract

Tujuan daripada penelitian ini yaitu untuk mengetahui tantangan dan peluang yang dialami sekolah
dan guru pada saat proses pembelajaran Biologi di SMAN 1 Polanharjo Klaten pada masa dan pasca
pandemic Covid-19. Penelitian ini menggunakan Metode kualitatif diskriptif dimana didalam
penelitian ini responden yang berkaitan dengan penelitian dari SMAN 1 Polanharjo yaitu guru
Biologi dan peserta didik kelas XI. Pengambilan data melalui wawancara, catatan lapangan yang
diperloeh pada saat melakukan observasi disekolah, dokumentasi sekolah berupa kebijakan yang
diterapkan sekolah dimasa pandemi covid-19 dan catatan atau memo peneliti berkaitan hal-hal yang
penting mengenai pembelajaran olinen di sekolah dan mengenai tantangan dan peluang penerapan
pembelajaran biologi secara daring di sekolah. Hasil penelitian ini ada beberapa tantangan yang
dialami pada saat proses pembelajaran biologi yaitu berubahnya proses pembelajaran yang biasa tatap
muka semua menjaadi pembelajaran onlinen dan munculnya beberapa masalah terkait pembelajaran
melalui onlinen ini mulai dari sarana prasarana, sinyal, kurang memahami penggunaan teknologi dan
adaptasi mengenai pembelajaran biologi secara online ini. Peluang yang dapat diambil dalam
penelitian ini adalah a) peluang guru dan peserta didik untuk memanfaatkan teknologi. b) peluang
guru dan peserta didik lebih mudah mengatur waktu dalam proses pembelajaran Biologi.

Published
2021-02-16