Peran Keluarga dalam Masyarakat Samin Sebagai Basis Pendidikan Karakter Pasca Pandemi Covid-19

  • Novi Triana Habsar
  • Suyahmo Suyahmo
  • Cahyo Budi Utomo
  • Gunawan Gunawan
Keywords: Keluarga, Pendidikan, Pasca Covid-19

Abstract

Tujuan artikel ini guna mendeskripsikan peran dari orang tua sebagai pendidik utama bagi anakanaknya baik saat pandemi covid-19 maupun pasca pandemi covid-19. Metode yang digunakan
yakni metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Pada masyarakat Samin di
Bojonegoro banyak yang belum memahami peran orang tua dalam mendidik anak terlebih saat
pandemi covid-19 ini, sekolah tidak dapat memberikan kewajibannya untuk mendidik peserta didik
khususnya dalam hal penanaman karakter dan moral yang baik. Peran utama orang tua yakni
memberikan bekal pendidikan agama, sosial, moral dan akhlak kepada anak agar mampu
beradaptasi dengan perkembangan lingkungan nya terutama dalam lingkup pendidikan serta
mampu beradaptasi dengan kebijakan pendidikan baik selama pandemi maupun pasca pandemi
covid-19.

Published
2021-02-16