Potensi Mobile Learning Berbasis Etnomatematika Untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Matematis Pada Masa Pandemi

  • Nailil Muna Auliya
  • Amin Suyitno
  • Mohammad Asikin
Keywords: Mobile Learning, Etnomatematika, Kemampuan Literasi Matematis

Abstract

Perkembangan dunia dalam berbagai aspek kehidupan semakin pesat. Persiapan yang matang
diperlukan sebagai bekal untuk menghadapi berbagai tantangan pada masa globalisasi. Persiapan
tidak hanya cukup hanya dengan menggunakan pengetahuan saja, namun diperlukan juga
keterampilan. Pengetahuan dan keterampilan digunakan dalam menyelesaikan berbagai konteks
permasalahan yang ada dalam kehidupan. Salah satu kemampuan yang mendukung kemampuan
abad 21 adalah literasi matematis. Literasi matematis merupakan kemampuan seseoarang dalam
mengetahui sekaligus menerapkan ilmu matematika untuk menyelesaikan masalah kehidupan
sehari-hari. Berdasarkan hasil penelitian oleh PISA dalam OECD, ditunjukkan bahwa skor
kemampuan literasi matematis siswa Indonesia masih jauh di bawah rata-rata skor OECD. Dalam
rangka meningkatkan kemampuan literasi matematis diperlukannya suatu pembelajaran yang
kreatif dan inovatif, utamanya pada masa pandemi Covid-19. Mobile learning berbasis etnomatika
dapat diaplikasikan dalam pembelajaran jarak jauh saat pandemi. Dengan pendekatan
etnomatematika, siswa dapat menggabungan konsep dan aturan yang dipelajari dalam matematika
kemudian dipraktekkan dengan kebudayaan sehingga didapatkan pengaruh positif untuk
meningkatkan kemampun siswa dalam literasi matematis. Dari beberapa hasil survey dan kajian
penelitian lain yang telah dilakukan, penggunaan mobile learning berbasis etnomatematika
mempunyai potensi yang baik dalam upaya peningkatan kemampuan literasi matematis siswa pada
masa pandemic COVID-19. 

Published
2021-02-16