Penerapan Media Putar Roda pada Pembelajaran Menulis Puisi dengan Landasan Epistemologi

Authors

  • Elsara Khairun Nisa

Keywords:

Media Putar Roda, Menulis Puisi, Epistemologi

Abstract

Fokus kajian ini terletak pada penerapan media Putar Roda sebagai media alternatif dalam
pembelajaran menulis puisi. Kemampuan peserta didik dalam menulis puisi masih kurang. Hal ini
disebabkan adanya anggapan bahwa keterampilan menulis puisi kurang penting dibandingkan
dengan pelajaran kebahasaan lainnya. Adapun tujuan kajian ini adalah untuk (1) penerapan media
Putar Roda, pembelajaran menulis puisi akan lebih efektif untuk merangsang imajinasi peserta didik
dalam kegiatan menulis puisi dan (2) dampak penerapan media pembelajaran Putar Roda pada
kegiatan menulis puisi dengan kajian filsafat ilmu epistemologi. Metode kajian ini menggunakan
studi empiris. Hasil kajian ini adalah penerapan media Putar Roda pada peserta didik dengan
langkah-langkah dalam menggunakannya antara lain, menyiapkan media Putar Roda yang telah
diberi kata kunci, peserta didik diberi satu kesempatan untuk memutar media Putar Roda, peserta
didik mendapatkan kata kunci untuk dijadikan acuan dalam menulis puisi. Setelah itu kata kunci
tersebut digunakan untuk landasan menulis puisi. Peserta didik akan terarah dan fokus pada kata
kunci tersebut. Selain itu, nilai KI-2 menjadi terlaksana karena peserta didik responsif dengan cara
pendidik menggunakan media, peserta didik merespon dengan cara memperhatikan dan
menggunakan media tersebut. Peserta didik mendapat kata kunci dengan acuan tersebut membuat
peserta didik pro-aktif dalam kegiatan menulis puisi di kelas

Downloads

Published

2021-02-16

Issue

Section

Articles