Peran Orang Tua dalam Pendampingan Pembelajaran Daring Terhadap Perkembangan Kognitif

  • Riana Denik Ratiwi
  • Woro Sumarni
Keywords: Perkembangan Kognitif, Peran Orang tua

Abstract

Tujuan dari penelitian ini merupakan untuk mengetahui Peran orang tua dalam pembelajaran daring
terhadap perkembangan kogntif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang
digunakan untuk mendapatkan informasi tentang Peran orang tua dalam pembelajaran daring
terhadap perkembangan kogntif. Dalam penelitian ini, responden sebanyak 8 orang yang terdiri dari
5 anak sekolah dasar, 2 wali murid, dan 1 guru, yang berdomisili di Kabupaten Boyolali, Provinsi
Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara semi terstruktur. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua selalu memberikan pendampingan kepada anak
dalam kegiatan proses belajar, menjalin komunikasi harus diawali dengan keterbukaan dan tujuan
yang baik sehingga membuat suasana hangat dan nyaman. Pengawasan dibangun dengan dasar
komunikasi dan keterbukaan, mendorong atau memberikan motivasi kepada anak, mengarahkan
kemauan anak.

Published
2021-02-16