Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemdirian Belajar Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan Pendekatan STEM

Authors

  • Misfalla Roudlo P. A

Keywords:

Berpikir Kritis, Kemandirian Belajar, Flipped Classroom, STEM

Abstract

Abad 21 ditandai dengan adanya abad keterbukaan atau globalisasi. Pada masa abad 21 ini terdapat
4 keterampilan atau kemampuan yang diperlukan untuk menghaapi tantangan dan tuntutan pada masa
ini. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan pada masa ini.
Kemampuan berpikir kritis adalah salah satu alat yang dapat digunakan untuk menhadapi tantangan
dan bertahan hidup. Selain kemampuan berpikiri krits, terdapat pula aspek afektif yang perlu
dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran. Aspek afektif yang perlu dikembangkan adalah
kemandirian belajar. Kemandirian belajar akan berdampak yang cukup signifikan terhadap hasil
belajar peserta didik. Mellalui kemandirian belajar, peserta didik bisa mejadi lebih proaktif dalam
aktivitas belajarannya dengan cara mandiri sesuai dengan motivasi peserta didik. Salah satu cara yang
dapat digunakan untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar peserta
didik yaitu menggunakan model pembelajaran flipped classroom dengan pendekatan STEM.

Downloads

Published

2021-02-16

Issue

Section

Articles