Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19
Keywords:
Kendala, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala dan keefektifan pembelajaran daring di sekolah
dasar selama pandemic Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif
kualitatif. Subjek dari penelitian adalah orang tua peserta didik dan peserta didik. Objek dari
penelitian adalah kondisi mental peserta didik selama masa pandemi covid-19. Pengumpulan data
menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan data reduction, data
display, conclusion drawing/verification, analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif
kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring di sekolah dasar
mengalami banyak permasalahan. Permasalahan ini dialami oleh siswa, orang tua siswa, dan juga
guru. Permasalah tersebut diantaranya kurangnya pengetahuan tentang teknologi informasi oleh
peserta didik mapun orang tua peserta didik, pembelajaran menjadi membosankan dan penilaian
pembelajaran yang seharusnya bisa dilakukan secara langsung jadi tidak bisa dilakukan.
Pembelajaran jadi kurang efektif karena adanya hambatan-hambatan tersebut.