Penguatan Pembelajaran Jarak Jauh Anak Usia Dini Melalui Pendekatan STEAM Dan Pemberdayaan Keluarga

Authors

  • Virgilia Zephanya Bratanoto
  • Lita Latiana
  • Ali Formen

Keywords:

Pembelajaran Jarak Jauh, STEAM, Pemberdayaan Keluarga

Abstract

Pandemi COVID-19 telah membawa perubahan besar dalam pendidikan anak usia dini di Indonesia,
dimana proses pembelajaran terpaksa dilakukan jarak jauh, baik secara daring (dalam jaringan atau
menggunakan jaringan internet ) ataupun luring ( luar jaringan, atau tanpa menggunakan jaringan
internet). Tanpa persiapan yang memadai untuk menghadapi perubahan besar ini, ada banyak kendala
yang dihadapi pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, meliputi : infrastruktur dan teknologi, strategi
pembelajaran, kesiapan guru dan keterlibatan orang tua. Pada hakikatnya, pembelajaran jarak jauh
(PJJ) merupakan praktik baru dalam proses pembelajaran anak usia dini. Secara esensi, pembelajaran
jarak jauh berbeda dengan pembelajaran tatap muka, sehingga diperlukan pendekatan dan strategi
pembelajaran yang tepat dan ramah anak agar pembelajaran PJJ berjalan efektif. Selain itu, PJJ juga
membawa pergeseran peran pada proses pembelajaran, yang menempatkan orang tua kembali
menjalankan perannya sebagai “guru” di rumah, yang harus membimbing, melaksanakan dan
mengevaluasi proses pembelajaran pada anak mereka. Pada kenyataannya, banyak orang tua yang
belum memahami tugas perkembangan anak dan proses pembelajaran anak usia dini. Untuk
menjawab kendala dan tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan PJJ untuk anak usia dini, maka
artikel ini berusaha menjelaskan pentingnya penguatan pembelajaran jarak jauh pada anak usia dini
melalui pendekatan STEAM, dengan meningkatkan keterlibatan orang tua dan keluarga.

Downloads

Published

2021-02-17

Issue

Section

Articles