Model Supervisi Akademik Berbantuan Elektronik bagi Pengawas Madrasah di Provinsi Jawa Tengah

  • Ratna Prilianti
Keywords: supervisi akademik, pengawas, e-supervision

Abstract

Pengawas madrasah mempunyai tugas pengawasan akademik kepada guru dan pengawasan
manajerial kepada madrasah. Di Jawa Tengah, terjadi ketimpangan jumlah SDM pengawas dengan
jumlah madrasah. Selain tantangan jumlah daerah binaan yang banyak dan tantangan era revolusi
industri 4.0, saat ini pengawas memiliki tantangan baru di situasi pandemi COVID-19 yang
megharuskan bekerja dari rumah. Pengawas sekolah dan madrasah harus menjalankan tugas, pokok
dan fungsinya untuk melakukan pembinaan guru, kepala madrasah dan kelembagaannya. Pandemi
Covid-19 bukan hanya menjadi musibah bagi tenaga kependidikan khususnya pengawas namun juga
menjadi tantangan yang menarik. Cara yang efektif untuk saat ini yang dapat dilakukan pengawas
madrasah dalam melakukan tugas, pokok dan fungsinya dengan metoda daring atau pengawasan
digital. Oleh karena itu pengawas melaksanakan tupoksinya dengan physical distancing. Supervisi
faktual dan manual tidak bisa dilaksanakan di saat kondisi pandemi covid-19 seperti saat ini. Satusatunya cara untuk melakukan supervisi adalah menggunakan model supervisi berbantuan elektronik.
Bagi pengawas madrasah di Jawa Tengah model supervisi berbantuan elektronik bisa dilakukan
dengan skype, zoom meeting, cisco webex, google meet, video conference dengan whatsapp.
Pengumpulan dokumen bisa menggunakan fasilitas google form dan google doc. Selain itu bisa
menggunakan model supervisi menggunakan LMS edmodo.

Published
2021-02-17