Penanaman Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan Pascapandemi Covid-19 Pada Anak Sekolah Dasar

  • Rian Jamhariani
Keywords: Pendidikan Karakter, Cinta Lingkungan, Sekolah Dasar.

Abstract

Artikel ini bertujuan menganalisis penanaman pendidikan karakter cinta lingkungan pascapandemi
Covid-19 pada anak sekolah dasar. Bentuk dari penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Dengan
mengguganakan pengumpulan data melalui studi pustaka (library research). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) Penanaman pendidikan karakter cinta lingkungan pascapandemi Covid-19
pada anak sekolah dasar dapat dilakukan dengan menunjukkan bahwa seseorang tersebut peduli akan
lingkungan sekitarnya yang bisa ditunjukkan dengan tindakan dan aksi untuk senantiasa berupaya
mencegah kerusakan pada alam sekitarnya. (2) Proses penanaman pendidikan karakter cinta
lingkungan pascapandemi Covid-19 pada anak sekolah dasar dapat dilakukan dengan metode
mengajarkan dan menanamkan kebiasaan (habituation) mengenai kegiatan yang baik sehingga siswa
paham, mampu merasakan, dan ingin melakukan hal-hal yang baik.

Published
2021-02-17