Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berbantuan Pertanyaan Metakognitif Melalui Web-Based Mathematics Learning

  • Nella Haiprilisya
  • Sukestiyarno Sukestiyarno
  • Nur Cahyono A
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Pertanyaan Metakognitif, Web-Based Mathematics Learning

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah dapat dlikatakan sebagai suatu keterampilan yang digunakan untuk
menyelesaikan suatu masalah matematika secara prosedural secara cermat dan tepat dari proses
pembelajaran. Dalam proses pembelajaran tidak terlepas dari perkembangan teknologi yang
menuntut para pendidik untuk terus berinovasi menciptakan terobosan baru dalam dunia pendidikan.
Perkembangan era globalisasi seperti saat ini, matematika menjadi salah satu ilmu dasar yang
mengalami perkembangan yang begitu pesat. Perkembangan tersebut menuntut untuk
diperhatikannya pula berbagai perkembangan yang ada, baik pada masa lalu, sekarang ataupun
kemungkinan-kemungkinan pada masa yang akan datang. Web-based mathematics learning
merupakan salah satu bentuk inovasi dalam pembelajaran guna tercapainya tujuan dalam sebuah
pembelajaran. Tujuan pembelajaran matematika (Depdiknas, 2006) yaitu antara lain untuk
memahami konsep matematika dan hubungannya serta menerapkannya dalam pemecahan masalah
secara tepat dan teliti. Masalah yang dibantu dengan pertanyaan metakognitif diharapkan mampu
menjadi bahan acuan dalam evaluasi, hal ini dikarenakan pertanyaan metakognitif mencakup seluruh
aspek pertanyaan pemecahan masalah peserta didik baik itu pengetahuan, strategi dan juga koneksi,
guna mengetahui lebih jauh tentang perolehan hasil kemampuan pemecahan masalah dengan
berbantuan pertanyaan metakohnitif melalui web-based mathematics learning.

Published
2021-02-17