Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa ditinjau dari Kebiasaan Belajar Matematika pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Google Classroom

  • Ulfa Nur Afifah
  • St. Budi Waluya
  • N. R. Dewi
Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Kebiasaan Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Google Classroom

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan gagasan matematika baik lisan maupun tulisan yang
membantu siswa dalam memahami informasi yang diperoleh. Siswa yang memiliki kemampuan
komunikasi matematis dapat meningkatkan pemahaman matematisnya dengan diskusi antar siswa.
Selain komunikasi matematis, kebiasaan belajar perlu dikembangkan. Kebiasaan belajar merupakan
cara belajar siswa yang sering dilakukan berulang-ulang secara sengaja ataupun tidak sengaja.
Kemampuan komunikasi matematis siswa akan baik jika siswa memiliki kebiasaan belajar yang baik.
Cara belajar yang efisien dapat mencapai kemampuan komunikasi matematis yang lebih tinggi. Salah
satu model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkontruksi
pengetahuannya sendiri adalah Problem Based Learning. Problem Based Learning merupakan suatu
model pembelajaran yang penerapannya melibatkan siswa untuk memecahkan masalah, sehingga
siswa dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memecahkan masalah. Untuk
mengembangkan kemandirian siswa dalam belajar dapat memanfaatkan learning management
system. Learning management system merupakan software aplikasi yang menghubungkan siswa
dengan guru untuk diskusi atau lainnya tanpa bertatap muka secara langsung. Google Classroom
merupakan salah satu platform learning management system yang memiliki berbagai fitur yang
menunjang aktivitas pembelajaran online.

Published
2021-02-17