Kajian Project Based Learning (PjBL) pada Kondisi Sebelum dan pada saat Pandemi Covid-19 Berlangsung

  • Muhammad Riza
  • Kartono Kartono
  • Endang Susilaningsih
Keywords: Covid-19, Pembelajaran Virtual, PjBL

Abstract

Indonesia telah mengalami wabah pandemi covid-19 sehingga pembelajaran disemua jenjang
dilakukan secara virtual jarak jauh. Model PjBL ini merupakan model yang dianjurkan oleh
Mendikbud dalam pelaksanan pembelajaran virtual saat pendemi covid-19. Telah dilakukan studi,
kajian pustaka tentang pembelajaran Model PjBL sebelum dan saat pandemi Covid-19. Beberapa
Jurnal, prosiding yang meliputi jurnal nasional, jurnal international, prosiding nasional dan
prosiding internasional yang terkait dengan PjBL telah dianalisis secara rinci. Analisis data dimulai
dari permasalahan, tujuan, metode, teknik analisis data, hasil penelitian, dan simpulan pada
penerapan atau pengembangan media pembelajaran, instrumen penilaian berbasis PjBL. Pada
penerapan ataupun pengembangan model PjBL sebelum dan saat pandemi. Hasil analisis data
kajian beberapa jurnal dan prosiding baik nasional maupun Internasional diperoleh: terjadinya
peningkatan hasil belajar, motivasi, kemampuan berpikir kritis peserta didik baik sebelum maupun
pada saat pandemi Covid-19 berlangsung. Beberapa temuan tentang kendala yang dialami pada
penerapan PjBL saat pandemi Covid-19 berlangsung antara lain : sinyal dan SDM pendidik
maupun peserta didik yang kurang menguasai teknologi. Simpulan dan hasil kajian pustaka adalah
perlu ditingkatkan kemampuan literasi peserta didik dalam mencari informasi serta perlu
pendampingan.

Published
2021-02-17