Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari SelfEfficacy pada Problem Based Learning Berbantuan Edmodo

  • Gita Hayu Ridaningrum
  • Rochmad Rochmad
  • Scolastika Mariani
Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Efficacy, PBL, Edmodo

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan dalam mengkomunikasikan ide-ide dan
pikiran matematika baik secara lisan maupun tulisan. Hal tersebut membantu siswa untuk
mengorganisasi proses berpikirnya. Guru harus memfasilitasi siswa untuk mengeksplorasi dan
mendukung keterampilan siswa dengan memilih model pembelajaran yang tepat dimana pemilihan
model harus dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk berperan aktif, bertanya dan
mengklarifikasi informasi yang mereka peroleh sehingga kemampuan komunikasi siswa juga dapat
berkembang. Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang
dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dimana pembelajaran berbasis pada masalah, sehingga
menuntun siswa untuk memperoleh penyelesaian masalah dengan terlibat secara aktif dalam
pembelajarannya baik dalam hal mengkomunikasikan ide matematisnya maupun dalam menyajikan
hasil penyelesaian baik secara mandiri maupun kelompok. Edmodo sebagai salah satu learning
management system dapat mendukung kegiatan pembelajaran PBL melalui ruang diskusi secara
online, sehingga siswa dapat berkomunikasi secara aktif dan memperoleh informasi yang lebih luas.
Keyakinan diri (self-efficacy) siswa akan kemampuannya untuk mengungkapkan ide-ide juga turut
memberikan kontribusi terhadap keberhasilan siswa dalam menyelesaikan suatu persoalan.
Kemampuan komunikasi matematis merupakan ungkapan dari ide-ide masalah matematika dengan
memperlihatkan hasil kerjanya melalui berbagai cara tertentu, sehingga self-efficacy berkaitan
dengan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Published
2021-02-17