Analisis Potensi Pembelajaran Biologi Secara Online Menggunakan Google Classroom Sebagai Wahana untuk Melatihkan Literasi Digital

Authors

  • Sarini Rahayu
  • Devi Puspitasari

Keywords:

E- Learning, Google Classroom, Pembelajaran Biologi, Litersai Digital

Abstract

Aplikasi e-learning banyak digunakan dan berkembang saat ini dalam dunia pendidikan yaitu pada saat
pandemik covid 19 salah satunya yang digunakan aplikasi Google classroom. Platform terbaiki yang
digunakan adalah aplikasi Google classroom. Google classroom digunakan sebagai wahana untuk
melatih literasi digital pada peserta didik Sekolah Menenggah Atas. Google Classroom kemudian
diimplementasikan pada pelajaran Biologi dengan memanfaatkan teknologi sebagai alat bantu atau
media proses belajar mengajar serta menigkatkan literasi digital. Adapun Metode yang digunakan
dalam penelitian ini metode deskriptif kuantitatif. Analisis data menggunakan skala presentase. Selain
itu Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Subjek penelitian yaitu siswa Sekolah
Menengah Atas Tunas Patria Ungaran Kabupaten Semarang Kelas X dengan jumlah 24 responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan dari respoden yang dikategorikan sangat baik dengan tingkat
persentase rata -rata sebesar 79% sehingga dapat disimpulkan pemanfaatan Google classroom dalam
proses pembelajaran Biologi dapat melatih literasi digital

Downloads

Published

2021-02-17

Issue

Section

Articles