Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Dalam Asesmen Higher Order Thinking

  • Nofrina Maulani
  • Suharto Linuwih
  • Sulhadi Sulhadi
Keywords: pemecahan masalah, asesmen, Higher Order Thinking

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah fisika dalam asesmen
Higher Order Thinking. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini
menggunakan kelas X MIPA 2 dan X MIPA 4 SMA Negeri 8 Semarang. Pengujian penelitian
menggunakan metode One-Shot Case Study. Asesmen Higher Order Thinking yang digunakan dalam
penelitian menggunakan asesmen yang telah siap dan telah dilakukan ujicoba soal. Soal yang
digunakan adalah pilihan ganda beralasan dengan setiap butir soal mengandung keempat aspek untuk
mengukur kemampuan pemecahan masalah fisika. Berdasarkan dari penelitian menunjukkan hasil pada
kelas eksperimen X MIPA 4 sebesar: mengenali masalah 80,3%; merencanakan strategi 78,8%;
menerapkan strategi 75,9%; dan mengevaluasi solusi 75,5%. Sedangkan hasil pada kelas kontrol X
MIPA 2 menunjukkan persentase sebesar: mengenali masalah 75,5%; merencanakan strategi 68,7%;
menerapkan strategi 67,2%; dan mengevaluasi solusi 54,3%.

Published
2021-02-17