DAMPAK PANDEMI COVID 19 TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS 2 MI AL-AZHAR DHARMASRAYA

Authors

  • Muspita Anjelia
  • Woro Sumarni

Keywords:

Dampak COVID 19, Peserta didik, MI Al-Azhar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengidentifikasi dampak proses belajar mengajar secara daring di
rumah akibat dari adanya pandemi COVID-19. Penelitian menggunakan metode studi kasus
eksplorasi dan pendekatan penelitiannya menggunakan metode studi kasus kualitatif yang digunakan
untuk mendapatkan informasi dampak dari pandemi COVID-19 terhadap kegiatan proses belajar
mengajar di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Dalam penelitian ini, responden sebanyak 1 orang guru dan
19 orang peserta didik kelas 2 MI di kabupaten Dharmasraya. Demi tujuan kerahasiaan, responden
diberi inisial G, PD 1, PD 2, PD 3, PD 4, PD 5, PD 6, PD 7, PD 8, PD 9, PD 10, PD 11, PD 12, PD
13, PD 14, PD 15, PD 16, PD 17, PD 18, dan PD 19. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat beberapa
kendala yang dialami oleh peserta didik dan guru dalam kegiatan belajar mengajar online yaitu
penguasaan teknologi masih kurang, penambahan biaya kuota internet, adanya pekerjan tambahan
bagi orang tua dalam mendampingi anak belajar, komunikasi dan sosialisasi antar siswa, guru dan
orang tua menjadi berkurang dan jam kerja yang menjadi tidak terbatas bagi guru karena harus
berkomunikasi dan berkoordinasi dengan orang tua, guru lain, dan kepala sekolah.

Downloads

Published

2021-02-17

Issue

Section

Articles