Perubahan Lanskap Pendidikan Dengan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) Pascapandemi Covid-19

  • Kesi Kesi
Keywords: Pandemi, Pendidikan, PJJ, dan Covid-19.

Abstract

Artikel berjudul Perubahan Lanskap Pendidikan dengan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh)
pascapandemi Covid-19 . Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dinamika penyelenggaraan
pembelajaran dimasa pandemi. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
dengan pendekatan kualitatif dan studi literatur. Jenis data yang dikumpulkan merupakan data
sekunder berupa hasil-hasil penelitian dari berbagai artikel, sumber pustaka, dan dokumen serta
kalimat penjabaran dari jawaban subjek penelitian yang dilakukan dengan wawancara. Subjek dan
objek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang.
Instrumen penelitian terdiri dari pedoman wawancara yang dilakukan secara online melalui aplikasi
WhatsApp. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif interpretatif, dengan siklus analisis
berupa siklus interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan di
SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang melaksanakan pembelajaran jarak jauh secara daring dengan
menggunakan aplikasi Zoom, Google classroom, Quiziz, WhatsApp Group, Fresto, dan teamlink,
serta google meet. Pembelajaran daring berjalan dengan lancar. Namun, pembelajaran daring
dianggap kurang ideal karena memiliki beberapa kekurangan terutama pada pembelajaran yang
membutuhkan praktikum. Hasil belajar peserta didik juga beragam, dimulai dari kurang, sedang
dan memuaskan. Kendala yang dihadapi peserta didik dan guru adalah kendala jaringan/akses
internet dan kuota internet. Pembelajaran jarak jauh dengan cara daring oleh informan dianggap
tepat dimasa pandemi covid-19.

Published
2021-02-17