Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran di SDN Sidoharjo 01

Authors

  • Laila Cahya Pratiwi

Keywords:

dampak covid-19, kegiatan pembelajaran

Abstract

Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Di SDN Sidoharjo 01 Kabupaten
Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan teori – teori tentang implementasi
pembelajaran daring serta hubungannya terkait efektivitas kerja guru dalam kegiatan pembelajaran.
Selanjutnya, penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi penelitian selanjutnya guna
meningkatkan kualitas pembelajaran di SDN Sidoharjo 01 Kabupaten Tegal. Jenis penelitian ini
adalah penelitian penelitian kualitatif dengan desain menggunakan metode studi kasus
sebagai penelitian yang mrngkaji tentang individu, satu kelompok, satu organisasi, satu program
kegiatan, dan sebagainya dalam waktu tertentu. Populasi dalam penelitian ini menggunakan seluruh
guru, siswa, serta wali murid SDN Sidoharjo 02 Kabupaten Tegal. Sampel yang diambil adalah
guru SDN Sidoharjo 01 Kabupaten yang berjumlah 11 orang serta perwakilan wali murid dari
masing-masing kelas. Data dalam penelitian ini diperoleh instrumen wawancara dengan bantuan
media Whats App. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan terdapat 6 orang dari 11 orang
guru melaksanakan kegiatan pembelajaran ataupun penugasan secara daring yang. Sedangkan 3
orang dari 6 orang perwakilan orang tua siswa merasa kesulitan dalam membantu putra / putrinya
dalam mengikuti pembelajaran daring maupun penugasan yang diberikan oleh guru. Sebagian besar
guru belum menguasai media sosial maupun platform yang lainnya dan hanya mengandalkan media
group Whats App dalam memberikan materi maupun penugasan. Peran orang tua dalam
membantu siswa belajar dirumah juga kurang efektif karena mayoritas di Desa Sidoharjo banyak
orang tua yang bekerja sebagai petani maupun pedagang sehingga pelaksanaan pembelajaran
maupun penugasan pada pagi hari yang disampaikan oleh guru digroup Whats App memerlukan
waktu lebih lama. Hambatan yang dialami dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran secara daring yaitu : (1)
Pemahaman guru kurang dalam pemanfaatkan media digital yang dapat menunjang proses
pembelajaran, (2) Waktu yang digunakan dalam pembelajaran secara daring kurang efektif, (3)
Hampir seluruh siswa SDN Sidoharjo 01 tidak memiliki handphone maupun laptop sehingga guru
memberikan materi maupun penugasan lewat orangtua siswa maupun saudara terdekat, (4)
Sebagian besar orangtua siswa belum memahami pemanfaatan media digital.

Downloads

Published

2021-02-17

Issue

Section

Articles