Efektivitas Pembelajaran Daring Melalui Media Sosial pada Pelajaran Seni Musik di SMP 1 Jekulo Kudus

  • M Panji Wahyu Mukti
Keywords: Pembelajaran Daring, Media Sosial, Seni Musik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesiapan peserta didik dalam
mengikuti pembelajaran daring. Mengetahui efektivitas pelaksanaan pembelajaran daring melalui
pemanfaatan media sosial. Mengetahui kendala apa saja yang dihadapi peserta didik dalam
pelaksanaan pembelajaran daring pada pelajaran seni musik di SMP 1 Jekulo Kudus. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan sumber data dokumen, guru dan peserta
didik. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.
Dalam melaksanakan penelitian ini penulis menggunakan desain penelitian deskriptif. Desain
penelitian ini digunakan untuk mendapatkan data penelitian yang sebenarnya tentang kegiatan
pembelajaran daring yang berlangsung pada pelajaran seni musik di SMP 1 Jekulo Kudus. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa media sosial sangat membantu dalam pelaksanaan kegiatan belajar
mengajar selama perkuliahan daring, peserta didik dituntut untuk mandiri untuk dapat mencari
segala informasi yang berkaitan dengan materi pelajaran. Kesiapan peserta didik dinilai cukup baik
karena mampu merespon tugas yang diberikan melalui media sosial khususnya via whatsapp dan
telegram.

Published
2021-02-17