Implementasi Perkuliahan Secara Blended Learning dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran

  • Adelina Mariani
Keywords: Blended Learning, Online Learning, Revolusi Industri 4.0

Abstract

Universitas Bina Insani menciptakan E-Campus dan sistem pembelajaran campuran untuk
mempersiapkan Industri 4.0. Pengamatan awal menunjukkan bahwa sistem tidak meningkatkan
kualitas pembelajaran di Program Studi Akuntansi Universitas Bina Insani. Implementasi dalam
penelitian ini merupakan kombinasi pembelajaran online dan tatap muka dengan waktu yang
ditentukan. Dosen didorong untuk membuat bahan ajar, tugas, dan evaluasi sedemikian rupa sehingga
memudahkan mahasiswa untuk mengaksesnya di e-kampus. Data dalam penelitian kualitatif ini
berupa dokumen hasil wawancara, observasi, dan catatan lapangan. Data yang diurutkan dan diatur
dalam bentuk naratif untuk menarik kesimpulan dan mengambil tindakan. Ada dua tahap observasi,
sebelum dan sesudah penerapan sistem blended learning. Sebagian besar mahasiswa merasa nyaman
menggunakan e-campus sebagai media pembelajaran dan merasakan peningkatan kualitas
pembelajaran. Dosen merasa penggunaan e-campus lebih efektif dalam hal pemberian materi dan
penilaian.

Published
2021-02-17