Penerapan Flipped Learning Pada Pembelajaran Daring Efek Pandemi Covid-19 dalam Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Man Salatiga Pada Materi Sel

  • Maftukhatul Karim
  • Sigit Saptono
Keywords: Flipped Learning, Motivasi, Hasil Belajar Kognitif, Pandemi Covid-19

Abstract

Pembelajaran daring efek pandemi covid-19 yang memanfaatkan internet sebagai media atau tehnologi
pembelajaran mengharuskan adanya metode yang tepat agar supaya siswa dapat memahami materi yang
disampaikan guru dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penerapan Flipped
Learning Pada Pembelajaran Daring Efek Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Motivasi siswa
MAN SALATIGA pada materi sel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan
analisis regresi liniaer, tehnik pengumpulan data dengan metode angket (google form) dan dokumentasi
dengan simple random sampling, dengan 72 sampel. Hasil penelitaian menunjukkan adanya pengaruh
metode Flipped learning dalam meningkatkan motivasi dengan prosentase sebesar 66,6% dan sekaligus
motivasi ini mampu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa MAN Salatiga pada materi sel dengan
prosentase 46,7%

Published
2021-02-17