Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Etika Widi Utami

Keywords:

Kendala, Peran orangtua, Pandemi covid-19

Abstract

Pandemi covid-19 membuat berbagai perubahan pada setiap aspek kehidupan, salah satunya
pendidikan. Penelitian ini bertujuan menemukan berbagai kendala dan mendeskripsikan peran orang
tua pada saat mendampingi atau memberi arahan anaknya dalam pembelajaran di rumah. Penggunaan
metode dalam penelitian ini yaitu metode deskripsi. Selanjutnya teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu teknik wawancara, observasi, simak, dan catat. Hasil penelitian ini menjukkan
berbagai kendala orang tua dalam pembelajaran daring diantaranya, sinyal internet yang terkadang
susah, kuota yang mahal, orang tua kurang bisa membimbing dan memahami materi secara penuh,
sehingga tidak bisa maksimal dalam mengajari anak, tidak adanya hanphone, sehinga perlu bertanya
kepada temannya secara langsung. Peran serta orang tua sangat mendukung keberhasilan prestasi
anak. Selalu memotivasi dan memberikan inovasi-inovasi dalam membimbing anak, agar anak tidak
jenuh bahkan str es dalam belajar, harus adanya kordinasi yang baik antara orang tua dan guru.
Diperlukannya evaluasi agar bisa meningkatkan hasil prestasi siswa

Downloads

Published

2021-02-17

Issue

Section

Articles