Identifikasi Pemahaman Dan Kemampuan Penulisan Artikel Ilmiah Berbantuan Mendeley Dalam Manajemen Sitasi Pada Guru SMA Kota Pekalongan

  • Siti Wahyuni
  • Sugiyanto Sugiyanto
  • Fianti Fianti
  • Sulhadi Sulhadi
Keywords: Karya ilmiah, referensi, mendeley

Abstract

Komunikasi awal anggota tim pengabdi dengan Kepala SMA N 2 Kota Pekalongan menghasilkan
informasi bahwa salah satu kendala yang dihadapi guru dalam penulisan artikel adalah guru masih
belum mengetahui tata cara penulisan karya ilmiah yang sesuai standar akademik. Selain itu, faktor
penyebab rendahnya motivasi para guru fisika dalam menulis karya ilmiah adalah khususnya para
guru fisika masih banyak yang merasa kesulitan dalam pencarian sumber pustaka, termasuk aturan
tata tulis referensi (daftar pustaka) yang sangat penting bagi penulisan karya ilmiah. Kurangnya
referensi dan kesalahan pengutipan (sitasi) dalam sebuah karya ilmiah, menjadikan manuskrip itu
kurang bobotnya secara ilmiah. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan memberikan literasi
manajemen sitasi dalam penulisan karya ilmiah bagi para guru fisika. Metode yang akan digunakan
dalam kegiatan ini adalah ceramah, praktik menggunakan program Mendeley secara online, dan
diskusi. Setelah mengikuti kegiatan ini, sebanyak 100% peserta mengakui mendapatkan pemahaman
baru terkait publikasi, terutama dalam hal kaidah baku penulisan karya ilmiah, pengenalan aplikasi
Mendeley, dan informasi pencarian laman jurnal yang dapat diakses secara online.

Published
2021-02-17