Penerapan Teori Sosial Kognitif Bandura Berbantu Media “Papan Dart dan Mix And Match” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII

  • Ummi Nuzulul Fitroh
  • Ani Rusilowati
  • Budi Astuti
Keywords: Penerapan Teori Sosial Kognitif Bandura, Hasil Belajar.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas
VIII SMP Multazam dengan menerapkan teori Sosial Kognitif Bandura berbantu media papan dart
dan mix and match, dimana dalam teori Bandura terdapat pembelajaran observasional dengan tahap
Pemusatan perhatian, Pemertahanan, Produksi dan motivasi. Penelitian ini memakai model Kemmis
dan Mc Taggart dengan jenis penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian dibagi dalam dua
siklus dimana masing-masing siklus memiliki langkah-langkah merencanakan pembelajaran,
melaksanakan pembelajaran, proses mengamati di kelas, dan refleksi. Subjek yang digunakan dalam
penelitian ini meliputi 27 siswi kelas VIII di SMP Multazam. Metode tes digunakan untuk proses
pengumpulan data. Analisis data dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian
menjelaskan bahwa pembelajaran IPA dengan memakai teori sosial kognitif bandura dapat
membantu peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Multazam tahun pelajaran 2019/2020.
Rata-rata hasil belajar IPA pada siklus I menunjukkan sebesar 77,78% siswa berada pada kategori
sedang dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85,19% yang termasuk dalam kriteria
tinggi. Peningkatan yang terjadi sebesar 7,41%. Simpulan yang diperoleh bahwa penerapan teori
sosial kognitif Bandura berbantu media papan dart dan mix and match efektif digunakan dalam
pembelajaran dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII di SMP Multazam tahun pelajaran 2019/2020
dan mengalami peningkatan.

Published
2021-02-17