Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sistem Pengapian Transistor Dengan Menerapkan Multimedia Berbantuan Ulead Video Studio X Menggunakan Metode Discovery Learning Pada Pembelajaran Mahasiswa Teknik Mesin Unnes

  • Dwi Nur Cahyono
  • Hadromi Hadromi
Keywords: Multimedia, ulead video studio X, sistem pengapian transistor

Abstract

Permasalahan dalam laporan ini adalah tentang penerapan multimedia berbantuan Ulead Video
Studio X dalam pembelajaran metode Discovery Learning pada mahasiswa Teknik Teknik UNNES
untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sistem pengapian transistor. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran sistem pengapian transistor dengan
menerapkan multimedia berbantuan video dalam pembelajaran metode Discovery Learning. Dalam
penelitian ini desain penelitian menggunakan Quasi Eksperiment dengan model pre test-post test
one group design. Populasi penelitian yaitu mahasiswa mata kuliah kelistrikan otomotif Jurusan
Teknik Mesin yang berjumlah 30 mahasiswa. Dari analisis data didapatkan ada perbedaan diantara
hasil perhitungan sebelum dengan sesudah penggunaan multimedia berbantuan Ulead Video Studio
X yang mengambil mata kuliah kelistrikan otomotif. Pada nilai rata-rata sebelum/pre test
penggunaan multimedia berbantuan Ulead Video Studio X adalah 59,48 sedangkan setelah/post test
penggunaan multimedia berbantuan Ulead Video Studio X adalah 78,23. Disimpulkan bahwa
dengan menggunakan multimedia berbantuan Ulead Video Studio X system pengapian transistor
sudah lebih baik sejak prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah kelistrikan otomotif mengalami
peningkatan 23,97% dibandingkan sebelum pembelajaran menggunakan multimedia berbantuan
Ulead Video Studio X system pengapian transistor.

Published
2021-02-17