Perbandingan Konsepsi Thomas Lickona dan Ki Hadjar Dewantara dalam Nilai Karakter Pada Ranah Pendidikan Anak Usia Dini Serta Relevansinya di Era Globalisasi

  • Intan Sri Wardani
  • Ali Formen
  • Mulawarman Mulawarman
Keywords: Thomas Lickona, Ki Hadjar Dewantara, Karakter

Abstract

Dengan adanya arus globalisasi yang sekarang ini sedang terjadi dapat membawa dampak yang bisa
berakibat pada lemahnya karakter dari berbagai jenjang salah satunya yaitu terhadap anak usia dini. Maka
dari itu perlu untuk dikritisi bahwa pada dasarnya pembentukan harus dimulai dari akar pondasinya
sehingga dapat terbentuk karakter sejak dini. Penanaman nilai karakter sudah dilakukan sejak zaman
dahulu terbukti dengan banyaknya pandangan-pandangan beberapa tokoh yang mencetuskan perihal
tersebut, salah satunya yaitu Thomas Lickona dan Ki Hadjar Dewantara. Penelitian ini bertujuan untuk
mengkaji sejumlah karya keduanya baik pemikiran dari tokoh Thomas Lickona maupun Ki Hadjar
Dewantara. Metode yang digunakan yaitu studi kepustakaan. Hasilnya yaitu pandangan Thomas Lichona
tentang nilai karakter yang diawali dengan knowing, filling dan action hal ini akan mengajarkan pada
pendewasaan dan memanusiakan individu. sedangkan pandangan dari Ki Hadjar Dewantara yaitu dengan
perbuatan budi pekerti yang diwujudkan dalam tindakan maupun perilaku. Penanaman nilai karakter
yang dapat ditanamkan yaitu sudut pandang pendidikan harus humanis (tanpa paksaan dan perintah),
dari sudut pandang orientasi pendidikan (pikiran, karakter, dan jasmani) dan dari sudut pandang
pengembangan atau sistem among.

Published
2021-02-17