Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament Pokok Bahasan Gerak Lurus Beraturan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif di SMA Multazam IBS

  • Fauziah Utrujjah
  • Zayyinul Mushthofa
  • Ani Rusilowati
  • Budi Astuti
Keywords: kooperatif, TGT, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif melalui penerapan model
kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Penelitian ini menggunakan jenis peneltian
tindak kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan evaluasi serta refleksi. Objek penelitian adalah
kelas X IPA SMA Multazam IBS Semarang pada tahun pelajaran 2019/2020. Tehnik
pengambilan data yang digunakan dalam penelitian berupa tes berbentuk uraian. Teknik
analisis data yang digunakan adalah uji n-gain. Hasil penelitian didapatkan bahwa dari hasil
belajar pada posttest siklus I sebesar 70 dan siklus II dengan nilai rata-rata 82. Hasil
peningkatan ini terjadi dari siklus I dan II adalah sebesar 40% dengan kategori sedang.

Published
2021-02-18