Hubungan antara Konsep Fisika dan Al-Quran: Analisis Pemahaman Siswa yang Berlatar Belakang Pondok Pesantren

  • Hasbi Iskandar
  • Dody Rahayu Prasetyo
  • Sudarmin Sudarmin
  • Susilo Susilo
  • Mahardika Prasetya Aji
Keywords: Al-Qur’an, Keterhubungan, Konsep Fisika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pemahaman siswa yang berlatar belakang pondok
pesantren dalam menghubungkan konsep fisika dan Al-Qur’an. Sebanyak 40 siswa madrasah aliyah
yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan kelas XI di salah satu pondok pesantren
di Pati dijadikan sampel. Pengambilan data menggunakan tes pilihan ganda dengan satu jawaban
terbuka dan alasan memilih jawaban. Tes ini berisi 2 premis yaitu terkait konsep fisika dan ayat AlQur’an dan disusun berdasarkan literatur. Selain itu, wawancara dibutuhkan untuk memperkuat data.
Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan teknik Miles dan Huberman. Hasil yang diperoleh
adalah pemahaman siswa dalam menghubungkan konsep fisika dan ayat Al-Qur’an terdapat empat
tipe yaitu: 1) bertolak belakang, 2) tidak berhubungan, 3) berhubungan secara tersirat, dan 4)
berhubungan secara jelas. Pemahaman siswa yang menganggap sains dan Al-Qur’an bertolak
belakang dan tidak berhubungan dipengaruhi oleh sains lebih bersifat duniawi dan Al-Qur’an bersifat
akhirati. Yang dominan salah satu diantaranya akan memiliki pemahaman “bertolak belakang”,
sedangkan yang tidak membandingkan keduanya akan memiliki pemahaman “tidak berhubungan”.
Untuk pemahaman siswa yang menganggap sains dan Al-Qur’an berhubungan secara tersirat
dipengaruhi oleh keterkaitan secara bahasa sedangkan yang “berhubungan secara jelas”, dipengaruhi
oleh kuatnya doktrin dari guru/orang tua. Namun, pemahaman yang paling dominan di pondok
pesantren adalah “berhubungan secara tersira"

Published
2021-02-18