Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Pada Model PBL Berbantuan LMS

  • Diana Urip Rahayu
  • Mulyono Mulyono
  • Adi Nur Cahyono
Keywords: Kemampuan Literasi Matematika, Gaya Kognitif, PBL, LMS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan literasi matematika dilihat dari
gaya kognitif siswa pada model Problem Based learning berbantuan Learning Management System
(LMS). Kemampuan literasi matematika dari siswa Indonesia tergolong rendah. Adapun faktor yang
mempengaruhi kemampuan literasi matematis siswa adalah (a) faktor personal (cara siswa menerima
dan mengolah informasi yang didapatkan, yang disebut sebagai gaya kognitif.) (b) faktor
instruksional, dan (c) faktor lingkungan meliputi kualitas atau karakteristik guru itu sendiri yang
dilihat dari pemahamannya mengenai gaya kognitif setiap siswa, model pembelajaran dan
pendekatan yang digunakan saat proses pembelajaran berlangsung serta media yang digunakan. Jadi
jelas bahwa guru harus mengetahui dan memahami gaya kognitif setiap siswa, kemudian guru
mampu menerapkan suatu model pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk mengembangkan
kemampuan literasi matematis dimana salah satu model pembelajaran dapat digunakan adalah
Problem Based Learning. Problem Based Learning yaitu model pembelajaran berdasarkan pada
masalah. Penggunaan media pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu keefektifan
proses pembelajaran dan penyampaian pesan isi pelajaran serta untuk meningkatkan kualitas hasil
belajar. Media yang digunakan yaitu sistem manajemen pembelajaran, berupa layanan jejaring sosial
dan lingkungan belajar virtual untuk sekolah dan lembaga pendidikan tinggi yang memungkinkan
pengelolaan kelas online dengan berbagai konten akademik, yaitu berupa Schoology, dan edmodo

Published
2021-02-18