Dampak Aplikasi WhatsApp Terhadap Atensi Belajar Peserta Didik di MTs Nahdlatul Ulama Mranggen Pada Kelas IX

  • Siti Qomariyah
Keywords: dampak aplikasi whatsapp, atensi belajar, covid-19

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya dampak atensi belajar di MTs Nahdlatul Ulama
Mranggen pada peserta didik kelas IX dengan menggunakan aplikasi WhatsApp. Aplikasi WhatsApp dirasa
dapat membantu peserta didik terhadap atensi belajar dan antusias dalam meningkatkan belajar di tengah
terjadinya wabah Covid-19. Whatshapp merupakan salah satu aplikasi yang sangat sederhana, mudah dalam
pengoperasiannya, dan memiliki fitur-fitur yang lumayan lengkap. Pembelajaran daring dengan WhatsApp
Grup kelas IX di MTs Nahdlatul Ulama Mranggen dapat mengembangkan atensi belajar peserta didik.
Dampak dari kegiatan tersebut, untuk kelas IX di MTs Nahdlatul Ulama Mranggen yaitu diketahui adanya
atensi positif belajar untuk mengikuti mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan Aplikasi
WhatsApp. Mayoritas peserta didik berperan aktif dalam berdiskusi dan antusias dalam mengikuti mata
pelajaran bahasa Indonesia.

Published
2021-02-18